Skincare

Skincare Muslim Friendly yang Ampuh Atasi Masalah Kulit

Skincare yang klaim ampuh mengatasi masalah kulit tentu sudah banyak di Indonesia. Skincare dalam dan luar negeri seolah berlomba membuat produk perawatan kulit tersebut. Para brand menjagokan produknya lewat sejumlah ingredients (kandungan aktif) yang berbeda-beda. Kandungan Retinol, AHA, BHA, PHA, Niacinamide, dan yang lainnya menjadi ingredients paling populer dalam produk perawatan kulit. Faktanya, ingredients yang bisa dijagokan tak hanya kandungan aktif tersebut. Siapa sangka, kandungan vitamin B kompleks yang terdiri dari B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12 ternyata bisa menjadi ingredients yang dijagokan dalam produk skincare untuk mengatasi masalah kulit.

Dr. Ruri Pamela, SpKK Expert Swissvita Indonesia

Dr. Ruri Pamela, SpKK Expert Swissvita Indonesia Dok. Swissvita

Menurut dermatolog dr. Ruri Pamela, SpKK, vitamin B kompleks telah terbukti secara ilmiah ampuh untuk kecantikan kulit. Masing-masing vitamin B memiliki keunggulan yang berbeda, sehingga jika dijadikan key ingridients dalam skincare bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit. “Tak hanya niacinamide atau vitamin B3 yang ampuh untuk kecantikan, melainkan jenis vitamin B lainnya juga memiliki peran serupa,” ujar dermatolog yang juga menjadi expert untuk Swissvita Indonesia itu.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kecantikan

Pada dasarnya, vitamin B kompleks memiliki keunggulan atau berperan untuk meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit semakin sehat, kenyal, lembab, memudarkan noda hitam di wajah, mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat, menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit, serta mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. “Namun, untuk vitamin B6 atau pyridoxine merupakan kandungan yang dapat menyebabkan kulit mengalami peradangan atau sensitif terhadap bahan atau kandungan iritan/alergi,” ujar dr.Ruri.

Swissvita VitaBTech Dok.Swissvita

Jika kulit kekurangan vitamin B maka akan membuat kulit tampak kusam, tidak berkilau, mudah mengalami peradangan atau iritasi, dan mengalami penuaan dini. Kendati demikian, vitamin B kompleks perlu bantuan kandungan aktif lainnya, seperti AHA, BHA, retinol, dan yang lainnya sebagai pencerah serta eksfoliasi.

Dr. Ruri juga mengingatkan, jangan gunakan skincare berbahan vitamin B kompleks secara bersamaan dengan AHA, BHA, retinol atau vitamin C karena dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, serta mengurangi efektivitas dari vitamin B kompleks itu sendiri. “Sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada pagi hari, sedangkan kandungan AHA, BHA, retinol, dan vitamin C di malam hari,” katanya.