Health & Food

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa

Siapa yang kalau buka puasa itu pengennya makan ina itu dan langsung lahap?. Memang, menu berbuka puasa itu sangat menggoda dan banyak. Jadi, siapapun pasti ingin memakan semua makanannya. Tapi Muslimah, memakan makanan berlebihan saat berbuka puasa itu tidak baik. Ada sejumlah makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Makanan ini juga terbilang sehat dan tidak mengganggu puasa kamu selanjutnya.

1. Kurma

Kurma adalah makanan favorit Rasulullah SAW dan sejumlah ahli kesehatan pun menyarankan untuk memakan kurma dahulu saat berbuka puasa. Kurma punya rasa sangat manis dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, karena mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, tapi kandungan kalorinya rendah. Kandungan gula alami yang ada dalam kurma dapat membantu mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa.

2. Buah

Buah dapat dengan mudah dicerna oleh usus, karenanya menjadi makanan berbuka puasa yang baik dikonsumsi. Muslimah bisa mengonsumsi buah yang kaya kandungan air, seperti semangka, anggur, hingga pir untuk mencegah dehidrasi dan berguna menambah cairan tubuh. Buah kaya serat, seperti pepaya dan melon juga bisa dikonsumsi untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa seharian.

3. Sayur

Selama berpuasa, lambung akan beristirahat sehingga ukurannya mengecil dan enzim pencernaan tubuh juga akan berkurang. Sayur menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena mudah dicerna oleh tubuh. Jika muslimah mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa, akan membuat pencernaan kaget karenan makanan yang masuk. Akhirnya, makanan akan sulit dicerna oleh tubuh.

4. Kacang-kacangan 

Kacang almond, salah satu kacang yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Kacang almond bisa memberikan asupan lembak baik yang penting untuk tubuh. Sebab, selama berpuasa, tubuh kekurangan asupan cairan, karbohidrat, dan gula sehingga kekurangan asupan lemak juga.

5 Makanan tinggi kalium

Kalium memiliki tugas menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit dalam tubuh tetap terjaga. Makanan tinggi kalium, di antaranya sayur bedaun gelap, kentang, labu, yogurt, alpukat, hingga pisang.

Itu adalah lima makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Semoga muslimah bisa menerapkan gaya hidup sehat selama berpuasa dan seterusnya. Semoga informasi ini juga bermanfaat untuk muslimah. Dan tentunya, semoga ibadah puasanya lancar tanpa gangguan pencernaan dan kesehatan yah. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H, Muslimah.

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.