News & Event

6 Amalan yang Baik Dilakukan di Bulan Puasa

Bulan puasa adalah bulan yang selalu dinantikan oleh semua umat islam diseluruh dunia. Banyak dari mereka melakukan amalan ibadah puasa ramadan untuk mendekatkan diri dengan Allah. Lalu apa saja amalan yang bisa muslimah lakukan di bulan puasa:

1. Sahur

Dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'laihi wa sallam bersabda: "Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan." (HR Al-Bukhari No. 1923, Muslim No. 1095).

Rasulullah bersabda :

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

"Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah 'Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur." (HR. Ahmad dari Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiallahu 'anhu).

2. Tadarus Al Quran Bulan Ramadhan 

Adalah bulan yang amat erat hubungannya dengan Al-Qur'an, karena saat itulah Al-Qur'an diturunkan. Karena itu, tadarus (membaca sekaligus mengkaji) adalah hal yang sangat utama saat itu dan telah menjadi aktivitas utama sejak masa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan generasi terbaik.

Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma menceritakan:

وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآن

Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus AlQuran bersamanya. (H.R. Bukhari No. 3220).

3. Memberi Makan Orang Berbuka Puasa 

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

"Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu." (HR. At Tirmidzi No. 807, Ahmad No. 21676, An Nasai dalam As Sunan Al Kubra No. 3332, Al Baihaqi dalam Syuabul Iman No. 3952).

4. Menyegerakan Berbuka Puasa

Dari Amru bin Maimun radhiallahu 'anhu:

كان أصحاب محمد صلى الله عليه و سلم أعجل الناس إفطارا وأبطأهم سحورا

"Para sahabat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya". (HR. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7916. Al Faryabi dalam Ash Shiyam No. 52. Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf No. 9025).

5. Memperbanyak Doa

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah bersabda:

ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالْإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوم

"Ada tiga manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: (1) Doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka (2). Pemimpin yang adil (3) Doa orang teraniaya". (HR. At Tirmidzi No. 2526, 3598, Ibnu Hibban No. 7387. ishahihkan oleh Imam Al Baihaqi). 

6. Sedekah

Sedekah di bulan ramadan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan dengan kita bersedekah tidak akan membuat kita menjadi berkurang hartanya melainkan allah akan membalasnya dengan rezeki yang tak disangka sangka.

Nah itulah 6 amalan yang bisa kita lakukan di bulan puasa ramadan. Semoga kita selalu diberi kekuatan dan kekuatan dalam menjalani ibadah puasa oleh Allah SWT. Amin allahuma amin. Selamat berpuasa, Muslimah.

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.