News & Event

6 Ibadah yang Bisa Dilakukan agar Puasa Lebih Produktif

Puasa Ramadan menjadi bulan ampunan bagi umat Muslim. Mereka tidak hanya diwajibkan berpuasa Ramadan selama 29-30 hari lamanya, tetapi juga dianjurkan berlomba-lomba dalam beribadah agar mendapatkan pahala yang berlimpah dan ampunan-Nya. Selain berpuasa dan solat, ada sejumlah ibadah yang bisa dilakukan umat muslim agar puasanya lebih produktif dan menjadi ladang pahala untuk mereka.

1. Tadarus atau mengaji

Sebenarnya, tadarus atau mengaji juga dijadikan amalan ibadah dalam keseharian. Namun, tak sedikit umat muslim yang mengamalkan one day one juz artinya satu hari satu jus Al-Quran saat bulan Ramadan. Agar, khatam Al-Quran dalam waktu 30 hari. Nah, ibadah ini bisa muslimah terapkan dan semoga bisa istiqomah sampai setelah lebaran idul fitri.

2. Bersilaturahmi

Bersiltaruhami ke rumah teman atau saudara menjadi ibadah yang muslimah lakukan agar puasanya tidak bosan. Muslimah bisa bertukar cerita atau pengalaman selama puasa Ramadan. Atau mungkin bisa diisi dengan kegiatan amal agar sialturahminya tidak hanya produktif tapi juga berpahala.

3. Menonton kajian islami

Menonton kajian islami di youtube menjadikan waktu luang puasamu bergelimang pahala. Muslimah bisa mencas iman dan mendapatkan ilmu agama. Muslimah bisa menonton kajian islami dari berbagai ustaz atau ustazah terpercaya.

4. Sedekah

Melakukan kegiatan amal di bulan Ramadan, Insya Allah akan mendapatkan keberkahan yang berlimpah. Muslimah bisa melakukan sedekah atau kegiatan amal lainnya bersama teman-teman agar puasanya lebih produktif. Misalnya, membagikan makanan berbuka puasa atau sahur, mengumpulkan donasi untuk disedekahkan, mengumpulkan barang-barang layak pakai seperti pakaian, hijab, tas, sepatu atau sandal, dan lainnya bagi orang yang tidak mampu.

5. Tidur siang

Tidur siang juga bisa menjadi ibadah loh, muslimah. Asal, tidur siangnya jangan kelamaan dari siang sampai berbuka kerjanya hanya tidur saja. Tidur siang sambil menunggu waktu berbuka atau tidur siang sambil menunggu waktu solat lah yang menjadi ibadah saat berpuasa.

6. Ngabuburit

Siapa di antara muslimah yang masih melakukan ngabuburit saat puasa?. Ternyata, ini termasuk dalam ibadah yang bisa muslimah lakukan loh. Muslimah bisa ngabuburit dengan mencari bahan makanan untuk berbuka, menyiapkan atau memasak makanan untuk berbuka, mengaji sambil menunggu waktu berbuka, atau mengunjungi tempat wisata seperti museum atau masjid untuk menunggu waktu berbuka.

Itu adalah 6 ibadah yang bisa muslimah lakukan selama puasa Ramadan agar lebih produktif. Semoga muslimah bisa menerapkannya selama puasa Ramadan, bahkan istiqomah sampai setelah lebaran idul fitri. Selamat berpuasa, Muslimah. Selamat menunggu waktu berbuka puasa yah. (rka)

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.