Tips & Hacks

8 Tips Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Mudah

Muslimah memiliki pori-pori wajah besar?. Tak perlu khawatir, karena muslimah bisa mengecilkannya dan menjadi tak terlihat. Nah, ada sejumlah cara atau tips mengecilkan pori-pori wajah yang cukup mudah diaplikasikan. Apa saja?. Simak penjelasannya berikut ini :

1. Pilih produk skincare non comodegenic

Produk skincare non comedogenic, artinya tidak rentan menyumbat pori-pori wajah. Pilih juga skincare yang oil free atau kandungan bebas minyak. Jadi, daripada pori-pori wajahmu ditutupi makeup tebal yang justru dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya semakin besar, sebaiknya diatasi dengan pemilihan skincare tepat. Salah satu produk yang non comedogenic dan oil free adalah Aysi. Aysi merupakan vegan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Mengandung esktrak buah kaktus dari Jeju, Korea Selatan yang dapat mengatasi flek hitam, noda bekas jerawat, anti aging, anti oksidan, hingga meredakan jerawat. Sangat cocok untuk ibu hamil yang sering kali mengalami masalah kulit akibat perubahan hormon. Bahkan, skincarenya juga sudah Halal & BPOM.

Aysi Hydra-Glow Series

2. Bersihkan wajah

Kulit berminyak dan pori-pori tersumbat menjadi penyebab pori-pori besar. Untuk itu, muslimah wajib membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari. Cuci muka mencegah terjadinya sumbatan pori-pori dan mengurangi produksi minyak di wajah. Apalagi, jika muslimah menggunakan makeup selama seharian. Wajib hukumnya melakukan double cleansing untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Muslimah juga harus tahu nih cara mencuci muka dengan benar.

  • Bersihkan wajah secara lembut. Jangan menggosok wajah terlalu keras saat cuci muka karena bisa menimbulkan iritasi dan peradangan. Saat kulit meradang, pori-pori biasanya akan terlihat lebih besar.
  • Pilih pembersih wajah yang lembut, non comedogenic, dan gunakan yang mengandung asam salisilat. Studi menyatakan, asam salisilat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat.
  • Gunakan pembersih wajah berbahan gel untuk pemilik kulit berminyak karena membantu mengontrol minyak dan mengecilkan pori-pori.

3. Jangan lewatkan pelembab dan sunscreen

Pemilik kulit berminyak biasanya menghindari penggunaan pelembab karena khawatir dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Padahal, pelembab bisa membantu sebum atau minyak alami menembus ke lapisan kulit lebih dalam. Sehingga, produksi minyak di wajah berkurang sehingga kulit tampak lebih sehat. Untuk itu, gunakan pelembab secara rutin dan pilih yang bertekstur watery (air) karena lebih ringan dan tidak rentan menyumbat pori-pori.

Selain itu, jangan pernah lewatkan sunscreen karena sinar matahari bisa merusak kulit karena kehilangan elastisitasnya, kendur, dan pori-pori wajah membesar. Suhu panas juga dapat membuka pori-pori menjadi besar. Aplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 sebelum beraktivitas.

4. Eksfoliasi wajah secara rutin

Rutin melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati bisa menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah. Eskfoliasi mengurangi risiko sel kulit mati menjadi kotoran yang menyumbat dan memperbesar pori-pori wajah. Pilih eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit dan lembut agar tidak terjadi iritasi atau meradang. Disarankan, eskfoliasi sebanyak 2-3 kali seminggu. Namun, eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan saat kulit sedang berjerawat karena rentan mengalami peradangan. Untuk menghindari peradangan, muslimah bisa menggunakan produk eksfoliator yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) dan beta-hydroxy acids (BHA).

5. Gunakan retinol

Menggunakan skincare mengandung retinol bisa mengecilkan pori-pori. Gunakan sebelum tidur di malam hari. Sayangnya, penggunaan retinol ini cukup berisiko iritasi kulit, apalagi untuk kamu pemilik kulit sensitif. Untuk mencegahnya, muslimah bisa gunakan retinol 30 menit setelah cuci muka. Namun, tidak disarankan jika muslimah dalam keadaan hamil dan menyusui.

6. Gunakan clay mask

 Clay mask adalah jenis masker yang terbuat dari tanah liat, seperti kaolin atau bentonit. Masker ini membantu mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang terdapat dalam pori-pori wajah paling dalam. Hindari penggunaan clay mask di waktu bersamaan dengan eksfoliasi karena bisa meningkatkan risiko iritasi kulit. Gunakan clay mask 1-2 kali seminggu.

7. Jaga pola hidup sehat

Cukup minum air putih dengan 2 liter per hari dan mengonsumsi makanan beargizi dapat mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Konsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, dan karbohidrat. Hindari makanan tinggi lemak dan berminyak karena dapat memperbesar pori-pori wajah. 

8 Treatment kecantikan

Tidak ada salahnya melakukan treatment kecantikan dengan ahlinya untuk mengecilkan pori-pori. Treatment ini dilakukan untuk melengkapi perawatan harian muslimah. Jangan lupa konsultasikan ke dokter lebih dulu.

Itu adalah delapan tips mengecilkan pori-pori wajah. Cukup mudah dilakukan, karena bagian dari skincare routinenya para wanita. Semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa bersabar yah. Sebab, tidak ada yang instan dalam merawat kulit wajah. (/rka)

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.