Skincare

Apa itu Vegan Skincare dan Bagaimana Manfaatnya untuk Kulit?

Saat ini, sudah banyak sekali brand skincare yang menawarkan produk kecantikan vegan atau yang dikenal dengan nama vegan skincare. Vegan skincare dianggap dapat mengatasi masalah kulit lebih aman, karena telah terbukti secara klinis. Sebenarnya, apa sih vegan skincare itu?.

Vegan skincare adalah produk kecantikan atau perawatan kulit yang berasal dari tumbuhan dan tidak mengandung bahan-bahan hewani maupun produk olahannya, seperti susu, madu, beeswax, kolagen, lanolin, dan lainnya.

Dilansir dari Vogue, produk vegan memang lebih baik digunakan dibandingan dengan produk berbahan hewani. Terlebih, untuk pemilik kulit sensitif. Bahan hewani bisa membuat kulit wajah semakin kering dan dapat menyumbat pori-pori di wajah. Selain itu, vegan skincare juga diklaim lebih mudah diserap oleh kulit, lebih aman untuk kulit sensitif, dan sustainable untuk lingkungan. Lantas, bagaimana manfaat dari vegan skincare untuk kulit?

1. Aman untuk kulit sensitif

Dikarenakan berbahan dari tumbuhan dan tidak mengandung bahan hewani dan olahannya, maka vegan skincare aman untuk kulit sensitif. Vegan skincare cenderung mengurangi risiko masalah kulit dibanding produk kecantikan berbahan hewani yang bisa membuat kulit kering dan menyumbat pori-pori. Inilah yang menjadi keunggulan vegan skincare.

2. Kaya vitamin

Produk vegan skincare biasanya diambil dari tanaman yang mengandung banyak vitamin A, C, dan E. Vitamin itu didapatkan dari minyak alami, seperti kelapa, argan dan rosehip, alga, ekstrak kedelai, dan ekstrak biji rami. Bahan tersebut dipercaya lebih efektif untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Kaya antioksidan

Menurut Indian Journal of Dermatology, produk vegan biasanya kaya minyak, antioksidan, hidrokoloid, terpenoid, protein, serta senyawa bioaktif lain yang bagus untuk kulit. Antioksidan ini bermanfaat sebagai anti aging atau tanda-tanda penuaan. Selain itu, antioksidan, mineral, dan minyak alami akan membantu memperbaiki skin barrier dan menjaga kelembapan serta menghaluskan kulit.

4. Kandungan asam lemak tumbuhan lebih baik dibanding asam lemak hewani

Vegan skincare memiliki kandungan essential fatty acid atau EFA yang bekerja lebih baik pada kulit. Sejumlah penelitian membuktikan lemak esensial, termasuk linoleic acid pada tumbuhan memiliki sejumlah manfaat baik untuk kulit. Di antaranya, membantu meredakan jerawat, mengatasi kulit kering, mengurangi dan mengontrol minyak di wajah, serta meningkatkan elastisitas kulit.

5. Terhindar dari bahan berbahaya

Vegan skincare diproduksi tanpa mengandung bahan hewani serta tidak diuji pada hewan. Menggunakan bahan dari tumbuhan dan alami, karenanya tidak mengandung bahan berbahaya seperti paraben maupun SLS (Sodium Lauryl Sulfate).

Aysi Hydra-Glow Series

Salah satu skincare lokal yang menerapkan produk vegan adalah Aysi. Aysi tidak hanya Halal dan BPOM, melainkan produk skincare vegan serta sustainable. Seluruh rangkaian Aysi aman untuk semua jenis kulit, ibu hamil dan busui, serta remaja usia 16 tahun. Packaging atau kemasan Aysi pun bisa didaur ulang. Bahkan, merek ini juga memiliki Aysi Recycling Program yang bekerja sama dengan Waste4Change dalam mendaur ulang kemasan produknya. Muslimah bisa mengirimkan 10 botol bekas pakai Aysi ke kantornya dan menukarnya dengan produk pilihanmu GRATIS!!!. Info lebih lanjut mengenai program ini bisa cek postingan Instagramnya di @officialaysi

Itulah definisi dari vegan skincare beserta lima manfaatnya. Jadi, jangan pernah ragu memiliki vegan skincare sebagai produk perawatan kulit terbaikmu ya muslimah. Pilihlah produk kecantikan yang sudah Halal, BPOM, Vegan Skincare, & Sustainable, karena sudah pasti aman digunakan untuk kulit. Semoga informasinya bermanfaat. (rka)

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.