Skincare

6 Tips Mudah Atasi Kulit Berminyak dan Sensitif

Masalah kulit berminyak dan sensitif cenderung sering dialami sebagian wanita. Tipe kulit yang seperti ini terkadang mengganggu penampilan. Sebab, kulit berminyak akan membuat wajah terlihat mengkilap seharian. Ditambah, kulit yang sensitif jika terpapar sinar matahari berlebihan atau berada di cuaca yang dingin bisa membuat kulit kering, dehidrasi, gatal, hingga kemerahan. Terlebih, jika salah menggunakan produk skincare. Masalah kulit langsung muncul seketika bahkan sampai terasa perih.

Pemilihan produk yang tidak tepat untuk mengatasi kulit berminyak dan sensitif ternyata dialami oleh Beauty Influencer Sabila Aulia Matahari. Kulit menjadi terasa kering, mengelupas, kemerahan, bahkan perih jika terkena air. Kini masalah kulitnya mulai berkurang, karena dia punya tips jitu dan mudah  untuk mengatasi kulit berminyak dan sensitif. 

1.  Hindari kandungan alkohol dan parfum

Skincare yang mengandung alkohol dan parfum harus dihindari, karena dapat membuat kulit kering, dehidrasi, dan kemerahan. Namun, perlu diperhatikan juga kadar alkohol dan parfum yang ada di dalam skincare. Sebab, kulit seseorang cenderung memiliki batasan toleransi untuk menerima kedua kandungan tersebut.

“Kulitku masih ada batas toleransi untuk parfum. Kalau wanginya masih tipis-tipis gitu, masih bisa kulit nerimanya. Tapi, kalau parfumnya udah strong nggak ada toleransi sama sekali. Tapi, kalau alkohol emang nggak bisa karena kulitnya langsung bereaksi dan bikin kulit kering,” ujar beauty influencer yang akrab disapa Sabila itu dalam Live IG bersama Aysi dengan tema “Skincare Tepat untuk Kulit Berminyak dan Sensitif”, beberapa waktu lalu.

2. Perbaiki skin barrier

Memperbaiki skin barrier adalah kunci utama dalam mengatasi kulit berminyak dan sensitif serta tipe kulit lainnya. Wajah akan menjadi tampak lebih sehat jika skin barriernya bagus. Alasannya, merawat kulit yang baik itu harus dari dalam, jadi akan berpengaruh pada kulit bagian luarnya. “Jadi, aku selalu fokus dalam memperbaiki skin barrier lebih dulu,” ujarnya .

Menurut dia, ingredients yang cocok untuk memperkuat dan memperbaiki skin barrier adalah Hyaluronic Acid, Niacinamide, Ceramide, dan Allantoin. “Selama menggunakan skincare yang mengandung kandungan tersebut, kulit tidak memiliki problem yang parah. Palingan hanya jerawat hormonal saja,” kata pemilik akun instagram @sabilaulia.

3. Gunakan skincare yang mengandung Hyaluronic Acid & Niacinamide 

Kandungan Hyaluronic Acid dan Niacinamide adalah hero ingredients untuk kulit berminyak & sensitif. “Kedua kandungan itu paling aku dewakan banget sih,” katanya. Setelah menggunakan Hyaluronic Acid akan membuat kulit terasa lembab dan terhidrasi. Dan kedua kandungan itu juga bisa mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawatnya.

4. Gunakan Basic Skincare

Penggunaan skincare mulai dari cleanser, toner, serum, dan moisturizer itu penting banget untuk mengatasi semua masalah kulit termasuk kulit berminyak dan sensitif. Jangan lupa juga menggunakan sunscreen di pagi hari dan re-apply. Kalau untuk kulit sensitif, harus pilih skincare yang mengandung Hyaluronic Acid dan Ceramide. “Basic skincare nggak boleh di skip. Cari sabun muka juga yang gentle,” ujar beauty influencer yang masih berstatus mahasiswi tingkat akhir itu.

Aysi Hydra-Glow Series

Skincare yang paling aman dan ampuh mengatasi kulit berminyak serta sensitif, Sabila menggunakan Aysi Hydra-Glow Series. Selain, mampu mengontrol minyak di wajah dan aman untuk kulit sensitif, Aysi juga dapat meredakan jerawat dan bekasnya. “Aku suka semua produk dari Aysi karena emang sebagus itu dan cocok banget di kulit aku. Kulitku jadi lembab, menghidrasi, meredakan kemerahan dan jerawat, dan cocok untuk kulit bruntusan,” katanya.

5. Eksfoliasi

Eksfoliasi penting dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih halus dan terhindar dari komedo. Sabila mengatakan, dirinya lebih cocok menggunakan chemical exfoliator daripada physical exfoliator untuk kulit sensitifnya. “Karena physical exfoliator seperti menggunakan scrub akan membuat kulit terasa perih dan kemerahan akibat gesekan saat eksfoliasi. Sedangkan, chemical exfoliator bekerja dari dalam,” kata beauty influencer yang berusia 22 tahun itu. Eksfoliasi wajah secara rutin setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

6. Double Cleansing

Jangan lupa untuk melakukan double cleansing setiap hari. Meskipun, tidak menggunakan makeup atau tidak ke luar rumah seharian. Sebab, wajah juga bisa terpapar debu, polusi, dan kotoran akibat dari udara yang masuk melalui jendela rumah.

Nah, itu adalah enam tips mudah untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan sensitif. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tipsnya secara rutin dan dapatkan manfaatnya. Kulit yang sehat harus terawat dari dalam lebih dulu serta konsisten dalam merawatnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. (rka)

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.