Health & Food

7 Makanan Sehat ala Jepang yang Bikin Panjang Umur

Memiliki tubuh yang sehat serta umur yang panjang adalah dambaan setiap orang. Tahukah kamu bahwa orang Jepang dikenal sebagai warga yang panjang umur? Penduduk Jepang khususnya di Okinawa adalah orang-orang yang memiliki umur hidup terpanjang di dunia. Rata-rata wanita dan pria dapat hidup hingga masing-masing 84 dan 90 tahun. Rahasianya yaitu terletak pada makanan sehat yang mereka konsumsi setiap hari. Ini dia daftar makanan sehat ala Jepang yang bikin kamu panjang umur!

1. Rumput Laut: Rumput laut hampir dapat kamu temukan di semua makanan Jepang terutama sushi. Bukan tanpa alasan, rumput laut memang memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh. Rumput laut kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, folat, karotenoid dan yodium. Tambahkan rumput laut dalam menu makan harianmu dan rasakan sendiri manfaatnya bagi kesehatan!

2. Tahu: Tahu Jepang memiliki tekstur yang lembut dan meleleh di lidah. Selain enak, makan tahu Jepang juga membantu mengurangi kolesterol dan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

3. Jamur Shiitake: Meskipun banyak sekali jenis jamur, jamur shiitake adalah jamur yang paling disukai di Jepang.Jamur Shiitake tumbuh di kulit pohon yang telah mati di hutan Jepang. Jamur ini mengandung lebih dari 100 senyawa yang telah terbukti memiliki sifat melindungi kekebalan tubuh. Kamu dapat menikmatinya dengan cara menumisnya atau menjadikannya sup.

4. Kunyit: Bumbu masak yang membuat masakan menjadi berwarna kuning ini telah dimanfaatkan hampir di seluruh dunia. Kunyit bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan. Kunyit juga terbukti menunda demensia.

5. Melon Pahit: Di Okinawa, melon pahit disebut "goya" dan sering ditemukan di berbagai hidangan sayuran. Melon pahit dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah sehingga sangat bermanfaat bagi orang tua yang biasanya menderita diabetes.

6. Nasi Merah: Nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Ketika direndam dalam air, beras merah akan memecah gula dan protein sehingga memberikan rasa yang lebih enak.

7. Ubi Jalar: Ubi jalar memiliki banyak manfaat kesehatan. Ubi jalar tidak meningkatkan kadar glukosa darah seperti umbi-umbian lainnya. Daun ubi jalar juga dapat dikonsumsi dan mengandung serat. Ubi jalar mengandung antioksidan yang bernama sporamin dan telah terbukti bersifat anti penuaan.

RECENT COMMENTS

There are no comments yet.